Monday, February 13, 2012

Makanan pembangkit stamina bagi ibu baru (Bagian II)

Minum, minum, dan minum
Pada beberapa minggu pertama setelah persalinan, jagalah asupan cairan yang masuk ke tubuh dengan banyak minum. Dehidrasi hanya akan memperparah kelelahan dan rasa ngantuk yang sering menimpa ibu. Jaga persediaan air minum di kamar, dekat tempat tidur, mobil, kereta dorong bayi, dan di mana saja, agar ibu tidak kesulitan menemukan air minum. Pada ibu menyusui, beberapa minggu pertama akan sering merasakan kehausan yang amat sangat. Oleh karena itu pastikan untuk minum minimal 8 gelas sehari, lebih banyak jika bisa.
 
Jangan bergantung pada kafein atau gula
Ketika merasa lelah dan mengantuk, segelas kopi, sekotak permen atau coklat tentunya amat menggoda di tengah upaya menyelesaikan hari yang terasa panjang. Kafein di dalam kopi dan gula tinggi di dalam permen/ coklat memang dapat membangkitkan stamina dengan cepat, namun efeknya pun akan cepat hilang bahkan terasa lebih lelah ketika selesai dicerna tubuh. Beralihlah pada makanan kaya karbohidrat kompleks (roti gandum utuh, kacang-kacangan, jagung) atau kaya protein (daging tanpa lemak, keju, telur, produk kedelai, yogurt) yang akan menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga asupan energi pun terjaga sepanjang hari.

Makanlah buah-buahan
Buah-buahan seperti apel, jeruk, peach, pir, mengandung serat tinggi yang dapat menjaga saluran pencernaan agar tetap bekerja. Kandungan gula alaminya jauh lebih baik dibandingkan makanan cepat saji yang mengandung gula tebu murni. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan tidak membutuhkan waktu persiapan yang lama, cukup cuci dan kupas bila perlu, dan Anda sudah bisa menikmatinya sambil beraktivitas.

Bagaimanapun juga, makanan tidak dapat mencukupi kekurangan istirahat/ tidur yang sering dialami seorang ibu baru ketika sibuk mengurus bayinya. Jadi di samping asupan makanan bergizi, cobalah untuk tidur siang sejenak jika memungkinkan. Ketika ibu merasa resah dan lelah, tidur siang beberapa menit akan lebih baik dibandingkan beralih pada cemilan tidak sehat. Karena bagaimanapun juga, istirahat/ tidur yang cukup juga merupakan obat terbaik untuk kelelahan dan membangkitkan stamina Anda kembali.

No comments:

Post a Comment