Friday, February 24, 2012

Memperkenalkan penggunaan cangkir pada bayi

Sebenarnya tidak ada patokan usia untuk mulai memperkenalkan penggunaan cangkir pada bayi. Bayi yang baru lahir pun sebenarnya dapat menggunakan cangkir plastik yang mudah dibengkok-bengkokkan. Tahap perkenalan ini bertujuan untuk mengganti botol atau payudara ibu dengan cangkir, secara bertahap. Bagaimanapun juga, peralihan dari menghisap ke menyeruput memerlukan koordinasi mulut yang berbeda dan kemampuan menelan yang lebih baik.
Refleks penolakan lidah yang cenderung menjulur akan bertumbukan dengan bibir yang merapat pada punggir cangkir, sehingga cairan dari cangkir akan menetes melalui bagian sudut mulut. Kebanyakan bayi tidak dapat menguasai cara menempelkan bibirnya pada bibir cangkir dengan baik sampai kira-kira usia 1 tahun.
Berikut adalah beberapa tips untuk meminimalisasi gangguan-gangguan saat memperkenalkan penggunaan cangkir:
  • Peganglah gelas atau cangkir saat bayi minum, sampai ia belajar dan mampu memegang sendiri.
  • Bila banyak cairan yang menetes saat bayi minum dari cangkir, gunakan cangkir khusus yang dilengkapi penutup rapat dan sedotan atau lubang kecil, untuk latihan terlebih dahulu.
  • Gunakan cangkir yang berat pada bagian dasarnya sehingga tidak mudah terguling. Cangkir dengan alas cukup luas akan mendukung stabilitasnya.
  • Gunakan cangkir plastik dengan dua pegangan telinga sehingga mudah digenggam oleh bayi.
  • Lindungi pakaian bayi dengan celemek dada yang tahan air.
  • Isi cangkir dengan susu formula atau jus buah dalam jumlah yang sedikit dulu, untuk satu kali makan.

Ibu yang menyusui, kebanyakan melewati tahap penggunaan botol dan langsung mendorong penggunaan cangkir. Jika bayi masih menolak cangkir pada akhir tahun pertama, padahal ibu ingin segera memulai penyapihan cobalah cara-cara kreatif untuk mendukungnya. Misalnya gunakan cangkir plastik berbentuk mainan, ajak bayi untuk memperhatikan orang-orang di sekelilingnya yang menikmati minum dengan cangkir masing-masing, letakkan cangkir dalam jangkauannya, dan isilah cangkir dengan cairan yang telah dikenalnya dengan baik atau disukainya. Selamat mencoba ^_^

No comments:

Post a Comment