Wednesday, February 8, 2012

Persalinan pertama dan ke dua


Bagi ibu hamil yang telah memiliki anak, tentunya persalinan bukanlah hal baru baginya. Namun demikian selang waktu antar persalinan, pengalaman saat persalinan pertama, dan berbagai kondisi akan membuat persalinan ke dua atau selanjutnya menjadi sedikit berbeda daripada persalinan yang pertama. Berikut adalah beberapa hal tersbut.
Kelas melahirkan
Jika selang antara dengan persalinan terakhir cukup dekat, ditambah dengan ingatan yang masih hangat, maka ibu hamil bias saja melewatkan kelas melahirkan yang mungkin memakan waktu cukup lama dan membosankan. Atau ibu hamil bias membeli DVD tentang pengetahuan persalinan, ataupun browsing dari internet, sehingga dapat melewatkan waktu lebih fleksibel.
Di sisi lain, jika persalinan terakhir sudah relatif lama atau ibu ingin mencoba metode persalinan yang berbeda, maka tidak ada salahnya menghadiri lagi kelas melahirkan untuk ibu hamil.

Mencoba metode persalinan yang berbeda
Bisa jadi ibu merasa kecewa dengan pengalaman persalinan terakhir yang dialaminya, dan ingin mencoba pengalaman baru. Mungkin ibu ingin merubah konsultan kehamilan dari bidan ke dokter atau sebaliknya, merubah pilihan rumah sakit, atau mencoba persalinan sesar setelah mengalami persalinan normal. Jika ibu ingin melahirkan normal setelah persalinan sesar terakhir, ibu harus berkonsultasi dengan ahli kandungan dan memilih rumah sakit yang mengijinkan persalinan normal tersebut.

Pengasuhan anak selama masa persalinan
Ibu hamil hendaknya merencanakan sejak awal tentang pengasuhan anak-anak ketika nantinya waktu persalinan tiba. Pastikan ada seseorang yang dapat dipercaya untuk menjaga dan mengasuh anak selama ibu di rumah sakit. Bicarakan juga dengan anak Anda tentang apa yang akan terjadi pada waktu persalinan nantinya, tenangkan mereka dan hilangkan ketakutan mereka saat ibu tidak bersamanya.

Proses persalinan yang lebih cepat
Walaupun tidak dapat dipastikan, namun persalinan kedua dan seterusnya relatif membutuhkan waktu lebih singkat. Ibu yang melahirkan pertama kali biasanya menmbutuhkan 10-20 jam pada saat persalinan, namun pada kali berikutnya akan berlangsung lebih cepat. Begitu pula dengan tahap mengejan, persalinan pertama umumnya berlangsung sekitar 1 jam, sedangkan kali berikutnya hanya berkisar rata-rata 20 menit.

Pemulihan setelah persalinan
Berbeda dengan persalinan pertama, biasanya sakit yang dirasakan akan lebih besar pada persalinan berikutnya. Rasa sakit disebabkan oleh kontraksi rahim yang sedang mengkerut kembali ke posisi dan ukuran semula sebelum kehamilan. Rasa sakitnya lebih tidak nyaman pada persalinan kedua dan selanjutnya karena setelah persalinan pertama, otot-otot rahim masih cenderung berkontraksi lebih baik. Selain itu, bentuk tubuh juga akan kembali lebih lama setelah persalinan kedua atau selanjutnya.

No comments:

Post a Comment