Saturday, February 11, 2012

Makanan pembangkit stamina bagi ibu baru (Bagian I)

Hidup baru sebagai seorang ibu pasti sangat menggairahkan untuk Anda, walaupun terkadang rasa bosan dan kelelahan pun mendera. Namun ibu tetap harus memenuhi kecukupan gizinya, untuk dapat menyusui bayi dan menjaga kesehatan dirinya sendiri. Selain itu, dengan memilih makanan yang sehat dan mengatur pola makan, akan menjaga stamina ibu agar dapat tetap beraktivitas sepanjang siang dan malam hari. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan seorang ibu baru agar dapat memperoleh energi dan stamina yang cukup dari asupan makanannya.

Sarapan dengan baik
Mulailah hari dengan menu sarapan berprotein tinggi dan berkarbohidrat kompleks seperti telur, yogurt, roti dan sereal dari biji-bijian utuh, dan hindari sereal manis, roti panggang, roti manis, dan makanan berkabohidrat tunggal atau bergula tinggi. Karbohidrat kompleks dapat memberikan asupan energi lebih lama karena lebih sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu makanan berprotein tinggi, kaya vitamin dan mineral juga akan membuat hari ibu lebih bersemangat.

Makan dalam porsi kecil
Makan lima kali sehari dengan porsi lebih kecil merupakan pola makan yang lebih baik dibandingkan makan porsi penuh tiga kali sehari. Porsi makan kecil dengan frekuensi yang lebih banyak akan memberikan asupan energi tetap terjaga sepanjang hari. Simpanlah stok cemilan berprotein tinggi dan atau berkarbohidrat kompleks seperti bagelen dari gandum utuh, sereal mix dengan kacang dan buah kering, yogurt dengan buah, edamame, roti tawar gandum utuh dengan selai kacang, biskuit dan keju. Ibu tidak harus melulu makan nasi bukan dengan adanya pilihan makanan sehat yang beragam.

Jangan bertujuan untuk langsing
Kehilangan berat badan secara drastis dengan cepat setelah persalinan, dapat memicu produksi racun yang tersimpan dalam lemak tubuh. Racun ini dapat larut dalam lemak susu sehingga dapat meracuni ASI yang diminum bayi. Oleh karena itu, ibu tidak perlu mengkhawatirkan tentang berat badan lagi, cukup jaga pola makan sehat dan bergizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh dan menghasilkan ASI yang sehat untuk bayi. Pelan tapi pasti, seiring dengan kesibukan ibu mengurus bayi, berat badan berlebih yang diperoleh selama kehamilan akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu usaha diet yang ekstrim.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment