Saturday, February 4, 2012

Pengobatan umum bagi ibu menyusui ( Bagian II)

Kafein dan cokelat 
Ibu menyusui masih boleh mengkonsumsi kopi, teh, minuman ringan bersoda, atau permen cokelat, karena penelitian telah menunjukkan bahwa hanya sekitar 0,5-1% saja yang bercampur ke dalam ASI. Namun ada sebagian bayi yang sensitif terhadap kafein atau theobromin dalam cokelat dan menunjukkan gejala keresahan.

Kontrasepsi oral
Menurut para ahli kesehatan, pil kontrasepsi yang mengandung progestin dosis rendah masih aman untuk dikonsumsi ibu menyusui. Namun pada kenyataannya masih banyak ibu yang mengeluhkan penurunan kualitas dan kuantitas ASI. Selain itu, masih belum bisa dipastikan efek jangka panjangnya terhadap bayi ketika menjadi ayah/ ibu kelak. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kandungan untuk memastikan keamanan pil kontrasepsi yang hendak diminum.

Obat antidepresi dan psikiatris

Terkadang setelah persalinan ibu mengalami depresi berat yang membutuhkan perawatan medis. Sebelum meminum obat-obatan, cobalah untuk mempertimbangkan bantuan konseling atau dukungan dari keluarga dan teman. Adanya pertolongan ketika di rumah, latihan rutin, dan efek relaksasi dari menyusui juga dapat membantu ibu untuk bertahan dalam depresi yang cukup berat.
Jika dokter memberikan pengobatan oral, valium adalah jenis yang aman untuk dikonsumsi, tetapi penggunaan jangka panjang tidaklah dianjurkan. Penggunaan obat-obatan depresi lain harus di bawah pengawasan dokter, dan kadar yang masuk ke dalam ASI juga harus diawasi ketat kurang lebih 2-4 minggu sekali.

Jamu dan vitamin
Meskipun terbilang aman, namun jamu dan vitamin juga termasuk obat, sehingga ibu menyusui tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Prenatal vitamin baik dikonsumsi juga selama menyusui, namun dosis berlebihan tidaklah baik. Jamu sebaiknya dihindari atau digunakan dengan hati-hati. Sedangkan teh herbal yang berkhasiat meningkatkan persediaan ASI masih aman untuk dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment