Thursday, January 5, 2012

Pola makan untuk hamil sehat (Bagian II)


Suplemen dan asam folat

Walaupun Anda telah menerapkan pola makan sehat dan seimbang, banyak ahli berpendapat bahwa tidak ada salahnya mengkonsumsi suplemen yang akan lebih menjamin kecukupan asam folat dan nutrisi lain. Namun suplemen bukanlah pengganti makanan sehat, suplemen hanya membantu Anda memenuhi sedikit kekurangan nutrisi yang mungkin dialami wanita karir yang sibuk bekerja atau mengurus anak di rumah.

Multivitamin pada umumnya dapat mengandung vitamin/ mineral dalam dosis tinggi yang dapat membahayakan perkembangan bayi, oleh karena itu pilihlah suplemen khusus untuk ibu hamil. Bagi vegetarian, suplemen vitamin D dan B12 juga sangat penting untuk melengkapi kebutuhan protein.

Kecukupan asam folat selama kehamilan, telah terbukti dapat mengurangi resiko kelainan sel saraf pada bayi, yang juga berhubungan dengan serangan jantung, stroke, kanker dan diabetes. Sebelum kehamilan, wanita membutuhkan minimal 400 microgram (mcg) atau 0,4 mg per hari. Selama kehamilan, kebutuhan asam folat meningkat menjadi 600-800 mcg per hari. Selain dari suplemen, asam folat juga dapat diperoleh dari sayuran hijau (bayam, dll), buah sitrus, kacang-kacangan, padi-padian utuh, sereal atau roti yang telah difortifikasi dengan asam folat. Perhatikan cara mengolah makanan yang mengandung asam folat, karena proses yang tidak tepat akan menyebabkan asam folat hilang selama proses berkaitan dengan sifatnya yang larut air. Konsumsi asam folat berlebih tidak akan berbahaya bagi Anda dan janin, karena akan dibuang bersama dengan air seni.

Berat badan ideal
Capailah berat badan ideal Anda. Kelebihan atau kekurangan berat badan normal, dapat menurunkan kesempatan Anda untuk hamil lebih cepat. Selain itu, wanita obesitas beresiko lebih besar mengalami komplikasi selama kehamilan atau melahirkan. Wanita dengan berat badan kurang dari ideal juga beresiko melahirkan bayi berat lahir rendah. Jadi tidak ada salahnya Anda mulai menambah/ mengurangi berat badan selama mempersiapkan kehamilan. Namun cobalah cara yang alami untuk mengubah berat badan secara bertahap.

No comments:

Post a Comment