Saturday, January 7, 2012

5 tips menghilangkan stres selama kehamilan

Kelilingi diri dengan kerabat dan teman yang positif
Perhatikan apa yang Anda rasakan jika berada di sekeliling kerabat dan teman, jika Anda merasa lebih baik dan senang, berarti mereka adalah orang-orang positif yang dapat membawa keceriaan dalam hidup Anda. Tetaplah berada di sekitar mereka dan jagalah hubungan dengan mereka selama kehamilan Anda (dan seterusnya) sehingga dapat membantu mengatasi stres yang Anda alami.
Tentu ada juga kerabat atau teman yang negatif, hindarilah mereka untuk beberapa saat selama kehamilan. Bukannya memutuskan hubungan dengan mereka, namun selama kehamilan lebih baik memilih orang yang dapat mendukung dan memberikan energi positifnya kepada Anda.
 
Sisihkan waktu sejenak
Ketika Anda merasa sedih atau marah terhadap sesuatu, beristirahatlah sebentar. Sisihkan beberapa menit untuk merenung, meditasi, membaca majalah, ngobrol dengan teman, atau berjalan-jalan sejenak. Dengan menenangkan pikiran selama minimal 5 menit, dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah, pernapasan, dan sistem kekebalan tubuh, sehingga stres pun berkurang atau hilang dengan sendirinya.

Siapkan jawaban
Apakah Anda sering terganggu dengan pertanyaan/ komentar seputar ukuran tubuh yang semakin membesar, atau terus-terusan menanyakan perut Anda? Siapkan beberapa alternatif jawaban untuk menghindari rasa jengkel atau segera mengakhiri topik seputar kehamilan Anda. Daripada merasa risih atau gusar, lebih baik Anda memakainya untuk bercanda atau menjawabnya dengan ringan. 

Olahraga ringan
Jika kandungan Anda sehat dan tidak ada larangan dari dokter, cobalah olahraga ringan untuk ibu hamil, seperti yoga, berjalan kaki, berenang, dll. Latihan fisik melibatkan peningkatan aliran darah yang dapat meredakan ketegangan tubuh dan membantu pelepasan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood Anda.

Ambil napas panjang
Ketika Anda merasa tekanan darah meningkat, kepala memanas, detak jantung cepat, otot mengejang, itulah tandanya ada sesuatu yang salah. Ambil napas dalam dan panjang untuk menenangkan diri secara fisik maupun psikis. Ketika menghirup udara, isilah rongga perut penuh-penuh, dan ketika menghembuskan napas biarkan otot perut rileks dan melepaskan semua ketegangan Anda. Sambil bernapas panjang, Anda memiliki waktu untuk mengendalikan pikiran dan emosi, sehingga Anda lebih siap untuk mengatasi situasi yang menjengkelkan dengan lebih kreatif dan efektif.

No comments:

Post a Comment