Wednesday, January 25, 2012

Manfaat menyusui bagi ibu

ASI tidak hanya paling baik untuk bayi, tetapi aktivitas menyusui itu sendiri sangatlah baik untuk ibu. Ada saatnya ketika Anda merasa kehabisan energi, kesabaran dan kelelahan menyusui. Namun efek timbal baliknya bagi masa depan Anda dan bayi benar-benar tidak dapat dihitung. Salah satu manfaat utamanya adalah saling memberi antara ibu dan bayi. Ibu memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang. Sedangkan pada saat menyusui, isapan bayi merangsang saraf pada puting susu ibu untuk mengirim pesan pada kelenjar pituitari (panel kendali utama pada otak) untuk mengeluarkan hormon prolaktin (salah satu hormon keibuan). Substansi hormon ini akan berjalan ke seluruh tubuh ibu untuk memberu tahu hal yang harus dilakukan dan merangsang naluri keibuannya.

Mengembalikan bentuk tubuh
Selain hormon prolaktin, isapan bayi pada saat menyusu juga merangsang produksi hormon oksitosin yang mengerutkan rahim hingga mendekati ukuran sebelum kehamilan. Menyusui juga tidak akan membuat payudara ibu kehilangan bentuknya, kehamilanlah yang membuat perubahan pada payudara ibu. Selain itu, energi yang dibutuhkan tubuh ibu untuk memproduksi cukup ASI sangatlah besar, sehingga akan otomatis membantu pembakaran berat badan berlebih yang Anda peroleh selama kehamilan. Namun jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi lengkap, sehingga ASI ibu pun mengandung gizi yang cukup untuk bayi.

Membuat lebih rileks
Pada saat menyusui, ibu dan bayi akan merasa lebih rileks dan tenang. Ibu membelai lembut bayinya, dan bayi terlena dengan damai bahkan hingga tertidur. ASI memang mengandung protein alami yang dapat mendorong bayi untuk tidur dengan tenang dan damai, sebagai tambahan dari kandungan lemak tinggi yang dapat memuaskan/ mengenyangkan bayi. Penenangan alamiah ini secara khusus sangat membantu bayi (dan ibu) yang memiliki kesulitan tidur. Efek relaksasi ini sangat menolong para ibu yang berkarir dan memiliki segudang kesibukan. Ketika tiba di rumah dan menyusui bayinya, ibu akan merasa lebih rileks dan dapat beristirahat dengan tenang.

Pendukung kesehatan
Kesehatan ibu juga dipengaruhi oleh aktivitas menyusui. Wanita yang menyusui memiliki kemungkinan lebih rendah terkena kanker payudara. Sebagai tambahan, menyusui dapat menjadi pengatur jarak kelahiran anak yang alamiah sehingga membantu perencanaan keluarga. Bayi yang mendapat ASI pun cenderung lebih sehat sehingga menghemat biaya pengobatan. ASI merupakan satu-satunya makanan terbaik bagi bayi yang disediakan oleh alam, selain sangat murah tentunya.

Pembentukan sikap baik

Proses menyusui dapat membantu ibu berlatih membaca tingkah laku bayi. Ibu akan lebih mengenal bayi dan membantu bayi untuk merasa baik-baik saja. Bayi tidak hanya menerima ASI tetapi juga belajar mengenal rasa percaya dan nyaman yang ada bersamanya. Efek timbal balik ini akan membantu ibu dan bayi untuk bertingkah laku lebih baik di kemudian harinya.

Masih ragu untuk menyusui bayi Anda? Ingatlah keuntungan-keuntungan yang diperoleh bayi dan Anda sendiri, maka keraguan itu pun akan segera sirna.

No comments:

Post a Comment