Tuesday, January 3, 2012

Pengaruh kehamilan yang tidak diduga


Mual, nyeri ulu hati, nafsu makan bertambah adalah beberapa contoh pengaruh kehamilan yang sudah sering dibicarakan banyak orang. Berikut adalah pengaruh kehamilan lainnya yang mungkin tidak Anda sadari atau belum pernah Anda dengar.

 1. Ngidam barang selain makanan
Apakah Anda pernah tiba-tiba menginginkan sesuatu yang bukan makanan, seperti kapur, es, logam, sabun atau bahkan sesuatu yang kotor? Mungkin Anda mengalami efek samping kehamilan yang satu ini (dalam istilah bahasa inggris sering disebut pica). Belum diketahui penyebab pastinya, namun diduga berhubungan dengan kombinasi dari faktor biokimia, fisiologis, dan budaya yang berbeda dari setiap wanita hamil.

2. Hidung tersumbat
Apakah Anda menderita hidung meler atau hidung tersumbat selama kehamilan? Jika benar, maka Anda termasuk dalam 20-30% wanita hamil yang mengalaminya. Hal ini dapat terjadi di awal bulan ke dua dan berlanjut hingga persalinan atau bahkan beberapa minggu setelah persalinan. Penyebabnya bisa jadi infeksi bakteri/ virus ataupun alergi, sehingga badan bereaksi terhadap pengaruh asing tersebut dengan memproduksi lendir lebih banyak.

3. Produksi air liur berlebihan
Sebagian ibu hamil harus meludahkan air liur yang diproduksi berlebihan pada awal-awal kehamilannya. Meskipun belum diketahui secara jelas penyebabnya, namun perubahan hormon dan mual di awal kehamilan diduga menjadi alasan utamanya.

4. Kehabisan nafas
Anda mungkin sering mendengar seorang wanita dengan usia kehamilan 8 bulan yang nafasnya terengah-engah karena perutnya yang sudah membesar. Namun hal ini juga wajar terjadi pada kehamilan awal. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Atur nafas agar lebih teratur dan tarik nafas lebih dalam.

5. Pusing berputar-putar
Selama kehamilan, sistem peredaran darah dan tekanan darah akan mengalami banyak perubahan. Terkadang badan kita tidak bisa menerima perubahan yang terlalu drastis tersebut sehingga menyebabkan rasa pusing berputar-putar. Hal ini sangatlah wajar, namun berkonsultasilah ke dokter jika pusing yang Anda alami semakin parah dan mengganggu aktivitas.

Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan efek samping yang dirasakan selama kehamilan, walaupun tidak semua wanita hamil mengalaminya dan bukan berarti Anda aneh.

No comments:

Post a Comment