Monday, January 9, 2012

Amankah naik pesawat saat hamil?


Ada kerabat dekat di luar kota yang akan menikah saat kehamilan Anda menginjak trimester ke tiga. Perjalanan darat tidak memungkinkan ditempuh, sehingga penerbangan dengan pesawat pun menjadi pilihan. Apakah naik pesawat aman untuk kehamilan Anda?

Sebenarnya melakukan perjalanan dengan pesawat masih relatif amana hingga usia kehamilan mencapai 36 minggu. Namun sebelum memesan tiket, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kandungan atau dokter kandungan. Pada kasus kehamilan beresiko tinggi, dokter biasanya akan menyarankan ibu hamil untuk tetap di rumah saja selama kehamilan dan tidak banyak bepergian. Selain itu bila ibu mengandung anak kembar, menderita diabetes/ tekanan darah tinggi, ada kelainan plasenta atau pernah mengalami pendarahan, memiliki sejarah penyakit pembekuan darah dan memiliki resiko besar melahirkan prematur, dokter pasti akan menganjurkan ibu hamil tidak melakukan perjalanan walaupun dengan pesawat terbang sekalipun.
Bahkan kalaupun seorang wanita hamil tidak menderita komplikasi apapun, dokter biasanya akan tetap menyarankan tidak bepergian pada bulan terakhir kehamilan, di mana kapanpun persalinan dapat terjadi. Selain itu, banyak perusahaan penerbangan yang memiliki batasan tertentu untuk ibu hamil yang dapat menaiki pesawat. Di Indonesia, ada batasan usia kehamilan 14-26 minggu saja yang boleh bepergian dengan pesawat terbang. Pada trimester pertama dikhawatirkan goncangan pesawat dan tekanan udara dalam kabin akan memicu keguguran, sedangkan pada trimester ketiga dikhawatirkan akan menyebabkan kelahiran prematur.
Jika Anda tetap harus bepergian dengan pesawat selama kehamilan, mintalah surat pengantar dari dokter yang menyatakan usia kehamilan dan perkiraan hari persalinan Anda, untuk ditunjukkan kepada awak pesawat. Setiap perusahaan penerbangan memiliki kebijaksanaan yang berbeda-beda untuk hal ini.

Berikut adalah beberapa tips aman dan nyaman bepergian di dalam pesawat:
  • Mintalah tempat duduk di deretan dekat jalan (aisle) sehingga memudahkan Anda untuk ke kamar mandi ataupun berjalan-jalan di dalam kabin
  • Jika memungkinkan mintalah tempat duduk yang memiliki ruang kosong lebih lebar untuk meregangkan kaki
  • Regangkan kaki setiap 30 menit untuk mencegah pembekuan darah ataupun pembengkakan
  • Berjalan-jalanlah di dalam kabin setiap 1 jam sekali untuk meregangkan otot tubuh dan kaki
  • Pakailah celana penyangga khusus untuk wanita hamil
  • Kenakan sabuk pengaman ketika Anda duduk, posisikan di bawah perut dan pinggul Anda
  • Minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi karena udara kering di kabin, hindari kopi, teh ataupun minuman ringan bersoda sebelum atau selama perjalanan
Hindari makanan yang berpotensi menghasilkan gas di dalam perut sebelum beeprgian, seperti kol, kacang-kacangan, karena di ketinggian gas di dalam perut dapat mengembang dan membuat Anda tidak nyaman.

No comments:

Post a Comment