Friday, December 30, 2011

Mitos dan fakta tidur bayi baru lahir


Ada beberapa hal yang perlu diketahui orang tua baru tentang tidur bayi baru lahir. Berikut adalah beberapa mitos yang umum dibicarakan di lingkungan sekitar kita, beserta fakta yang sebenarnya.


Posisi tidur bayi
Mitos: menidurkan bayi pada posisi tubuh miring, tidak akan melukai bayi.
Fakta: untuk menurunkan resiko sindrom kematian mendadak pada bayi, bayi yang sehat harus selalu diletakkan pada posisi terlentang ketika tidur, bukan miring atau tengkurap. Sayangnya beberapa dokter anak masih sering menyarankan hal sebaliknya.

Mengatur jadwal tidur bayi
Mitos: Anda bisa mengatur kapan dan berapa lama tidur bayi yang baru lahir.
Fakta: Bayi yang baru lahir akan tidur kapan pun ia mengantuk/ kenyang, dan akan bangun ketika ia lapar, popoknya basah, bosan atau merasa sakit. Ada orang tua yang berusaha menyusun jadwal tidur untuk bayinya, namun pada usia dini hal ini tidak akan berhasil, orang tualah yang harus memenuhi kebutuhan bayi saat ini.

Membedong bayi
Mitos: membedong bayi hanyalah tradisi kuno untuk menenangkan bayi.
Fakta: Jika dilakukan dengan teknik yang tepat, membedong akan lebih efektif untuk menenangkan dan membuatnya merasa nyaman. Bayi tidak akan kepanasan jika baju yang dikenakannya pun tepat. Namun posisi bayi ketika dibedong sangatlah menentukan, oleh karena itu tanyakan dan pelajari teknik yang benar dari dokter atau orang yang sudah berpengalaman.

Tempat tidur bayi
Mitos: Tidur di mobil atau stroller (kereta dorong bayi) tidak nyaman bagi bayi dan tidak dihitung sebagai waktu tidur.
Fakta: Di manapun itu, jika bayi Anda dapat tidur dengan nyenyak, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas tidurnya. Anda tidak perlu memindahkannya hanya untuk memastikan ia tidur lebih nyenyak. Namun tentu saja keamanan tempat tidurnya harus diperhatikan juga. Tidur di bangku mobil atau kereta dorong tentu saja lebih beresiko jatuh dibandingkan tidur di kasur yang sudah dirancang sedemikian rupa.

Sereal beras sebelum tidur
Mitos: menambahkan sereal beras pada susu bayi sebelum tidur akan membuat bayi lebih kenyang dan tidur nyenyak.
Fakta: Belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan kebenaran dari hal tersebut. Malah sebaliknya, memperkenalkan sereal beras terlalu dini bisa berbahaya bagi bayi karena ia tidak dapat mencernanya sebelum usia 4 bulan. Oleh karena itu, orang tua sangat tidak disarankan memaksakan bayi makan sereal sebelum waktunya.

No comments:

Post a Comment