Friday, December 16, 2011

12 cara membantu bayi belajar dan berkembang (Bagian I)


Perkembangan bayi dalam mengenal dunia yang baru baginya, sangatlah ditentukan oleh orang-orang terdekatnya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu bayi belajar dan berkembang sesuai dengan usianya.

Satu bulan

Habiskan waktu dengan berada di dekat bayi Anda. Saat ini ia hanya bisa melihat dengan baik pada jarak 20-37,5 cm. Seiring dengan perkembangan matanya, ia akan senang melihat fokus pada wajah. Jadi ketika bayi tidak sedang tidur, jangan ragu untuk mendekatkan wajah Anda padanya.

Dua bulan

Bantulah perkembangan gerakan tangan dan penglihatan bayi dengan menuntunnya melakukan gerakan tepuk tangan dan bernyanyilah untuknya. Perlahan-lahan bayi akan mulai meniru apa yang Anda lakukan, sehingga membantu perkembangan koordinasi mata-tangan dan bahasa. Selanjutnya, ia juga akan mulai meniru ekspresi wajah Anda. Jadi tetap beradalah di dekat bayi, cobalah mengeluarkan lidah, membuka mulut lebar-lebar, atau berilah bayi Anda senyuman yang paling lebar. Beberapa bulan lagi, ia akan mulai menirukan Anda.

Tiga bulan

Bayi Anda mungkin saat ini mulai bermain dengan tangannya dan berusaha meraih barang-barang di sekitarnya. Anda bisa mendukung perkembangan koordinasi mata dan tangannya dengan memberinya mainan yang mudah digenggam dan penuh warna. Saat ini, bayi juga akan mulai mengangkat kepalanya, dukunglah usahanya dengan bermain-main di daerah perutnya. Cobalah letakkan cermin kecil di perutnya, bayi akan tertarik untuk mengangkat kepalanya dan melihat pantulan dirinya di cermin.

Empat bulan

Kemampuan berbahasa, sosialisasi, dan motoriknya sedang berkembang saat ini. Bayi akan menunjukkan rasa senangnya ketika ia mendapatkan mainan yang menarik, dan mungkin akan menggerutu atau menangis marah ketika Anda mengambil mainan darinya. Cobalah menggelitiknya dengan lembut, refleks  geli bayi sudah mulai berkembang dan ia sudah bisa merasakan geli.

Lima bulan

Telinga dan mata bayi sudah bekerja sebaik milik orang dewasa. Ia juga akan mulai menggumam, tanggapilah dengan bicara padanya berulang-ulang untuk membantunya belajar bagaimana berkomunikasi. Mulailah bacakan buku dan menunjuk sambil menyebutkan nama-nama benda untuknya.

Enam bulan

Kira-kira pada umur enam bulan, bayi akan belajar bangun dan bergerak ke sana kemari. Bantulah bayi dengan meletakkannya pada perutnya, lalu letakkan mainan di dekatnya dan ajaklah bayi untuk meraih mainan tersebut. Pada usia ini juga, bayi akan memasukkan hampir seluruh benda ke dalam mulutnya, oleh karena itu pastikan mainan yang anda berikan berukuran besar dan tidak bisa masuk ke mulutnya.

No comments:

Post a Comment