Thursday, December 15, 2011

Cara meredakan tangis bayi

Bayi menangis karena berbagai sebab, misalnya lapar, bosan, atau bahkan karena sakit. Bayi belum bisa berkata-kata untuk menyampaikan keinginan atau keluh kesahnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips dan cara meredakan tangis bayi.

1. Hisapan. Berilah bayi sesuatu yang bisa dihisapnya sebentar saja untuk meredakan tangis, misalnya jari anda, jarinya sendiri, atau kempengan. Namun berhati-hatilah untuk tidak membuat bayi Anda ketagihan dan tidak mau melepaskannya.
2. Selimuti atau bedong bayi Anda. Bayi merasa nyaman ketika ia merasa seperti di dalam kandungan. Ciptakanlah dengan menyelimutinya dan atau mendekapnya. Menggendong sambil beraktivitas bisa menjadi alternatif lain sehingga bayi Anda pun senang bisa diayun-ayun.
3.   Musik. Perdengarkanlah musik atau lagu, cobalah berbagai jenis musik untuk mengetahui mana yang menjadi favorit bayi Anda. Anda bisa menggendongnya dan mengajaknya menari bersama, sehingga bayi pun menikmatinya.
4.  Suara yang jernih dan konstan dapat menenangkan bayi, misalnya suara air mengalir, kipas angin, gemericik air terjun, dan lain-lain. Anda bisa merekam suara-suara tersebut dan memutarnya ketika bayi mulai gundah dan menangis.
5. Udara segar. Sekedar membuka jendela, pintu depan, dan berjalan-jalan menikmati udara segar bisa menjadi pilihan untuk meredakan tangis bayi. Jika cara ini berhasil, nikmatilah pemandangan sekitar, langit yang cerah, bicaralah dengan bayi Anda tentang apa yang Anda lihat dan nikmati.
6. Goyangan. Cobalah menimang-nimang atau menggoyangkan bayi Anda, baik dengan menggendong, meletakkan pada ayunan atau kereta bayi.
7.   Pijatan dapat membantu bayi menjadi lebih rileks. Sebagian besar bayi menyukai pijatan yang lembut pada kaki, tangan dan badannya. Anda tidak perlu khawatir salah memijat, cobalah dengan lembut dan bayi Anda pasti akan merasa nyaman.
Semakin bertambah umur bayi, ia akan mampu menemukan cara sendiri untuk menenangkan dirinya dan membuat dirinya nyaman. Namun jika Anda masih kesulitan untuk meredakan tangis bayi, cobalah beberapa tips berikut ini:
·      Letakkan bayi di tempat yang aman, dan biarkan ia menangis untuk beberapa saat
·      Mintalah saran dari teman dan saudara yang lebih berpengalaman
·      Biarkan orang lain yang Anda percayai (pengasuh, kakek-nenek, saudara) menanganinya sebentar
·      Pasanglah musik untuk mengalihkan perhatian
·      Tarik napas dalam-dalam untuk meredakan rasa tegang
·      Ingatkan diri Anda sendiri bahwa “semua orang tua pasti melalui masa-masa sulit, tapi karena saya menyayangi bayi saya, maka saya pasti bisa melewati semua ini”
 
Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment