Monday, December 26, 2011

Persiapan persalinan: Memanfaatkan waktu di rumah


Saat-saat menantikan kelahiran bayi merupakan waktu yang terasa lebih panjang dari biasanya karena Anda sudah tidak sabar melihat bayi Anda dilahirkan ke dunia. Berdasarkan tanya jawab dan survei dengan para ibu, berikut adalah beberapa hal yang mereka sarankan agar dilakukan wanita hamil sebelum masa persalinannya. Sambil menantikan persalinan, Anda pun bisa memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan segalanya.

Bersihkan rumah
Dengan membersihkan rumah sebelum melahirkan, maka rumah akan menjadi tempat yang paling nyaman setelah Anda pulang dari rumah sakit. Tentu saja, Anda bisa menyerahkan tugas ini pada pembantu jika ada, sehingga Anda tidak kelelahan sendiri.

Menyiapkan makanan
Memasak di rumah mungkin adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan pasca melahirkan, karena kesibukan pun bertambah dengan mengurus bayi. Oleh karena itu, buatlah masakan yang dapat disimpan di freezer dan tahan lama, sehingga ketika pulang dari rumah sakit Anda tidak perlu repot-repot memasak lagi.
Anda juga bisa memenuhi isi kulkas dan lemari makanan dengan snack yang disukai, misalnya yogurt, biskuit, coklat, dan lain-lain. Ketika Anda lelah dan tidak sempat makan, maka snack merupakan pertolongan pertama untuk mengganjal perut. 

Memanjakan diri
Setelah melahirkan, lima menit mandi di bawah shower yang segar mungkin sudah cukup untuk memanjakan diri Anda, di tengah-tengah kesibukan mengurus bayi. Sebelum melahirkan, manjakanlah diri dengan pergi ke spa atau pijat. Selain dapat menyegarkan badan, Anda pun bisa lebih rileks menghadapi persalinan.

Bersenang-senanglah
Walaupun telah menjadi ibu, kelak tentu saja Anda masih bisa menikmati hari-hari Anda, namun tentu saja akan sulit pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan. Jadi bersenang-senanglah sekarang, nikmati waktu berdua dengan pasangan, pergi kencan berdua, dan sebagainya, sebelum ada anggota keluarga baru yang muncul di tengah-tengah Anda.

Carilah dokter anak untuk bayi Anda
Ketika Anda masih berada dalam masa pemulihan setelah melahirkan, maka harus mengurus berbagai hal menjadi lebih sulit.

No comments:

Post a Comment