Sunday, December 11, 2011

Menggendong bayi yang menangis = memanjakan bayi?


Banyak nasihat di sekitar kita yang sering melontarkan “kalau bayi menangis, jangan langsung digendong, nanti jadi kebiasaan minta gendong terus dan manja.” Bagaimana dengan Anda sendiri, pernahkah mendapat nasihat seperti itu? Sebagian besar orang menganggap bahwa meng gendong bayi hanyalah sekedar waktu untuk menenangkan dan memanjakan bayi hingga mereka dapat ditaruh kembali di tempat tidur. Namun beberapa ahli anak di Amerika yang mengadakan penelitian pada sejumlah orang tua, dan mendengar pendapat orang tua dari berbagai negara dan budaya, mengungkapkan bahwa meng gendong adalah merupakan salah satu kesempatan Anda untuk mengungkapkan pengasuhan yang penuh cinta kasih. Seorang peneliti tangisan bayi mengungkapkan bahwa bayi menangis dalam dua tahap, yang pertama untuk mengungkapkan kebutuhan fisik dan afeksinya. Apabila tidak dipenuhi kebutuhannya tersebut, maka bayi akan mulai menangis sebagai tanda kemarahan, yang akan membuat Anda pun merasa kesal mendengar tangisannya.
Berbagai hal baik terjadi pada bayi yang digendong dan orang tua mereka, di antaranya adalah bayi yang digendong jarang menangis sehingga tidak merepotkan dan mereka pun lebih bahagia. Energi yang digunakan untuk menangis, digunakan secara lebih optimal untuk lebih cepat tumbuh dan berkembang. Seorang bayi juga lebih banyak belajar di pangkuan orang tua yang sibuk melakukan aktivitasnya. Jadi Anda tidak perlu merasa terkekang karena tidak bisa melakukan apapun atau pergi ke mana pun, jangan ragu untuk mengajak serta bayi Anda. Apalagi pada jaman sekarang ini sudah banyak alat gendong bayi yang didesain agar lebih nyaman digunakan baik untuk orang tua maupun untuk bayi sendiri, sehingga Anda tetap bisa meng gendong si buah hati pada saat melakukan aktivitas ringan.
Pengasuhan yang penuh cinta kasih membutuhkan kesabaran dan kondisi tubuh sehat yang mendukung, yang akan sebanding dengan hasil yang Anda peroleh. Rasa cinta dan ikatan yang terbentuk sejak dini membuat tugas orang tua lebih mudah, tidak hanya pada masa bayi namun juga pada masa kanak-kanak dan remaja. Kemampuan membaca dan memberi tanggapan sigap atas kebutuhan bayi akan memberi kemampuan untuk memahami pertumbuhan anak dan melihat dari sudut pandang anak. Jika Anda benar-benar mengenal anak Anda, maka akan lebih mudah mengasuhnya pada usia berapa pun. Jadi jangan pernah ragu lagi untuk meng gendong bayi Anda. Buah hati Anda adalah seorang bayi polos dan jujur yang hanya mendambakan kasih sayang dari orang tuanya, mereka belum memiliki pikiran jahat untuk sekedar memanfaatkan Anda sebagai tempat bermanja-manja. Jadi mengapa Anda tidak memenuhi kebutuhannya jika Anda begitu mengasihi dan mencintainya. Setuju?

No comments:

Post a Comment