Saturday, December 17, 2011

12 cara membantu bayi belajar dan berkembang (Bagian II)


Tujuh bulan

Kemampuan tangannya sudah berkembang lebih banyak sekarang. Stimulasi perkembangan kemampuan motoriknya dengan menyediakan benda kecil (dan aman) untuk diambil oleh bayi, misalnya sendok plastik atau cangkir plastik kecil.

 

Delapan bulan

Sekarang adalah waktunya memperkenalkan bayi pada ruang dan penggunaan kata. Berikanlah mainan bayi yang dapat masuk satu sama lain, misalnya wadah seperti mangkok kecil dan besar. Atau cobalah bertanya padanya “Mana hidungmu?” dan tunjuklah hidungnya. Ketika Anda mengulanginya terus-menerus dengan bagian tubuh yang lain, bayi akan belajar mengenal arti kata.

Sembilan bulan

Pada usia ini, bayi akan mulai tertarik pada benda-benda yang mengayun, misalnya buku bayi yang berhalaman tebal, pintu lemari, tutup kardus, atau mainan yang dapat membuka-menutup. Ketika bayi membuka dan menutup benda berulang kali, maka kemampuan koordinasi mata dan tangannya pun akan berkembang.

Sepuluh bulan

Bayi akan senang dengan benda-benda yang tersembunyi. Bermain menyembunyikan-menemukan benda dengannya, akan membantu perkembangan kemampuan motorik dan konsep keberadaan benda (yaitu bahwa benda tidak menghilang begitu saja ketika ia tidak dapat melihatnya). Cobalah sembunyikan benda berwarna terang di bawah kain transparan, lalu letakkan tangan bayi di atas benda tersebut, dan bantulah ia untuk membuka kain penutupnya. Selanjutnya, ia akan mampu melakukannya sendiri tanpa bantuan Anda.

 

Sebelas bulan

Perkaya kemampuan bahasa bayi dengan berbagai permainan dan lagu. Namun ingatlah bahwa kemampuan berbahasa berkembang melalui hubungan atau interaksi antar manusia (bukan melalui DVD atau TV), jadi bicaralah dengan bayi sesering Anda bisa. Katakan padanya apa yang sedang Anda lakukan, lontarkan pertanyaan sederhana, dan gunakan juga bahasa tubuh dan nada bicara. Bayi Anda akan mendengarkan, melihat, dan menangkap apa yang Anda sampaikan.

Dua belas bulan

Setiap bayi memiliki waktunya sendiri-sendiri untuk belajar dan berkembang. Beberapa bayi sudah dapat berbicara lebih awal dibanding yang lainnya. Ada juga yang lebih cepat merangkak dan berjalan. Perbedaan perkembangan tersebut, bukanlah tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada bayi Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa saja berkonsultasi dengan dokter anak, tetapi cobalah untuk rileks dan menikmati perjalanan bayi Anda.

No comments:

Post a Comment