Sunday, December 18, 2011

Berbagai jawaban saat dikira hamil setelah melahirkan


"Kapan akan melahirkan?"
“Kamu hamil lagi ya?”
Mungkin itu adalah dua pertanyaan umum yang dilontarkan orang lain pada seorang wanita dengan perut masih membuncit, padahal ia baru saja melahirkan. Tubuh wanita, terutama bagian perut, memang membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat kembali mengecil. Apalagi banyak wanita yang memilih kenyamanan baju hamil walaupun sudah melahirkan. Sehingga tidak jarang orang lain pun masih mengira Anda belum melahirkan. Anda tidak perlu khawatir atau malu, berikut adalah beberapa ide jawaban yang bisa Anda gunakan sesuai situasi dan kondisi.

Tanggapan blak-blakan
Katakan “Oh, saya sedang tidak hamil”, “Saya sedang tidak menunggu kelahiran bayi”, atau “Bayi saya sudah lahir”, dengan suara lembut dan sedikit pelan. Atau lebih ekstrim lagi “Oh, saya tidak hamil, saya cuma gendut saja” dengan nada ceria. Jawaban blak-blakan seperti ini mungkin membuat orang lain merasa tidak enak, namun itu bukan tanggung jawab Anda kan J

Tanggapan murah hati
Jika orang yang bertanya pada Anda terlihat baik dan tentu saja Anda sedang dalam suasana hati yang baik, Anda bisa menjawab sambil tersenyum “Oh, saya baru saja melahirkan sih, tapi memang badan saya belum menyadarinya”. Tanggapan ini juga berguna ketika Anda menghadapi pertanyaan dari seorang anak kecil yang benar-benar tidak tahu tentang kondisi Anda, jadi bersabarlah dan berbaik hatilah.

Tanggapan mendidik
Jika Anda benar-benar mengetahui dan memiliki waktu luang untuk menjelaskan panjang lebar, cobalah jawaban "Saya sudah melahirkan, hanya saja membutuhkan waktu untuk mengembalikan perut ke ukuran semula setelah sembilan bulan saya mengandung" atau “Rahim seorang wanita merupakan organ yang sangat hebat, yang bisa berukuran normal sebesar buah pir atau genggaman tangan, dan bisa membesar menjadi seukuran buah semangka ketika hamil. Untuk kembali ke ukuran semula, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga sampai saat ini perut saya pun masih terlihat seperti wanita hamil.” Perhatikan dan nikmatilah ekspresi orang lain atas jawaban Anda tersebut.

Tanggapan menghindar
Jika Anda sedang tidak punya waktu atau sedang tidak ingin menjelaskan panjang lebar, cobalah trik berikut ini. Ketika ada tetangga yang bertanya "Kapan akan melahirkan?" jawablah sesingkatnya "Sabtu”, dan segeralah masuk ke dalam rumah. Dan kenyataannya bayi Anda memang sudah lahir Sabtu minggu lalu, jadi Anda tidak sepenuhnya berbohong kan.
Alternatif  jawaban lain misalnya "Yah bisa kapan saja", kemudian carilah pintu keluar terdekat untuk menghindar. Atau dalam keadaan mendesak, Anda bisa mengeluarkan jawaban ekstrim seperti "Kalau boleh, kita tidak usah membicarakan hal itu ya", maka orang yang bertanya pun akan menghindar dan merasa tidak enak dengan sendirinya.

Tanggapan sinis
Mungkin saat ini Anda bertemu dengan orang yang terlalu banyak bertanya dan menjengkelkan, atau mungkin Anda sedang kurang tidur dan mudah marah, sehingga Anda pun bisa menjawab sinis dan blak-blakan. Misalnya ketika ada yang bertanya kapan Anda melahirkan, Anda bisa menjawab “Sudah 7 minggu yang lalu sih sebenarnya” dengan nada sinis. Semoga orang yang menjengkelkan itu pun segera mengerti kondisi Anda dan mengubah pembicaraan.

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment