Wednesday, March 7, 2012

Menjaga bayi tetap tertidur (Bagian I)

Ketika ibu sudah berhasil membuat si kecil tertidur, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menjaganya tetap tertidur hingga waktu yang cukup. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba:

Kenyangkan bayi selama siang hari
Bantulah bayi untuk memahami bahwa siang hari adalah waktu untuk makan dan malam hari adalah waktu untuk tidur. Sebagian bayi yang sudah berusia lebih besar, sibuk bermain sepanjang hari dan menjadi lupa makan sehingga mengkompensasikannya di malam hari dengan cara sering bangun untuk makan. Untuk mengubah kebiasaannya, berilah bayi makan paling tidak setiap 3 jam di siang hari sehingga ia pun terbiasa makan dan kenyang di siang hari.

Kenyangkan bayi sebelum naik ke tempat tidur
Sebelum ibu tidur atau setelah bayi bangun malam pertama kali, usahakan untuk memberi makan bayi hingga kenyang, sehingga tidurnya pun akan lebih nyenyak dan lama.

Posisi tidur yang aman bagi bayi
Tidurkan bayi pada posisi terlentang paling tidak selama 9 bulan pertama usianya, kecuali jika disarankan oleh dokter untuk memposisikan tertentu. Beberapa orang berpendapat bahwa dengan tengkurap bayi akan tidur lebih lama, namun ternyata tidur yang lebih lama bukan berarti tidur yang lebih aman.

Pakaian tidur yang tepat
Sebelum menemukan pakaian yang tepat, cobalah berbagai jenis bahan pakaian berbeda untuk melihat pakaian yang cocok dan membantu bayi dapat tidur lebih tenang. Misalnya bayi alergi akan tidur lebih baik bila mengenakan pakaian dari bahan katun.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment