Friday, March 2, 2012

Tanda-tanda Si Kecil Mencintai Anda

Seorang ibu seringkali bertanya-tanya apakah bayinya telah memahami arti cinta dan mencintai sang ibu sama seperti ibu mencintainya. Ketika bayi belum dapat berbicara dan menyatakan cintanya, beberapa tanda berikut dapat melegakan ibu bahwa bayi Anda juga begitu mencintai ibunya. Ketika beranjak besar, anak-anak pun dapat menunjukkan tingkah laku sebagai tanda cintanya kepada ibu, meskipun ia tidak mengucapkannya secara langsung.
  1. Bayi menatap mata Anda. Dengan menatap wajah dan mata ibu, sebenarnya seorang bayi akan berusaha keras untuk mengingat-ingat wajah ibu yang selalu berada di dekatnya. Ia memang belum banyak mengenal dunia sekitarnya, namun seorang bayi sudah dapat menyadari bahwa ibu sangat penting untuknya.
  2. Bayi selalu mencari dan memikirkan Anda ketika ibu tidak berada di dekatnya. Terutama pada usia sekitar 8-12 bulan, bayi akan mulai mengerutkan wajahnya ketika melihat ibu keluar kamar meninggalkannya dan mencari-cari di sekelilingnya. Dan ketika ibu kembali, bayi akan tersenyum dan terlihat senang.
  3. Ia selalu berlari ke pelukan/ pangkuan Anda ketika membutuhkan kenyamanan setelah jatuh atau merasa sedih. Bayi pada usia batita atau balita memang belum benar-benar memahami arti menyayangi atau mencintai, tapi dengan melihat tingkah lakunya tersebut, ibu pun tak perlu ragu akan cintanya kepada ibu.
  4. Ia memberi hadiah kecil untuk ibu. Bisa saja hadiah tersebut tidak benar-benar berharga secara ekonomis, namun niat dan ketulusannya pada waktu memberikan kepada ibu, menjadi tanda cintanya kepada ibu. Misalnya saja tiba-tiba ia memetik bunga dari kebun dan memberikannya kepada ibu, memberikan hasil gambarnya, atau benda-benda kecil lainnya.
  5. Si kecil sudah mulai bisa diajak berkompromi di dalam rumah, dan ia seringkali meminta persetujuan atau ijin ibu ketika hendak melakukan sesuatu. Ia sudah mulai bisa memperhatikan apa yang dikatakan ibu, dan baginya kata-kata ibu sangatlah berharga untuknya.
  6. Anak Anda berbagi cerita tentang rahasia ataupun saat-saat istimewanya hanya kepada Anda, misalnya ketika ia merasa malu di sekolah. Ini menjadi tanda bahwa ia telah mempercayai Anda sebagai orang yang spesial dalam hidupnya.

No comments:

Post a Comment